Jamur Beauveria bassiana (Bb)

Beauveria bassiana, Kelas Hyphomycetes

BEAUVERIA BASSIANA FUNGUS

Kumbang mati karena Beauveria bassiana Beauveria bassiana yang tumbuh keluar dari badan kumbang Jamur Beauveria bassiana (Bb) menyerang banyak jenis serangga, di antaranya kumbang, ngengat, ulat, kepik dan belalang. Jamur ini umumnya ditemukan pada serangga yang hidup di dalam tanah, tetapi juga mampu menyerang serangga pada tanaman atau pohon.
Ada macam Beauveria bassiana yang khusus mematikan PBKo, yaitu B.bassiana strain 615 dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Jember. Jika ingin menggunakan jamur Bb untuk mengendalikan hama tertentu, pastikan dulu anda mendapat jenis Bb yang efektif membunuh hama tersebut. Sumber Bb seharusnya memberi informasi ini. Jamur Beauveria bassiana berwarna putih (lihat gambar), dan biasanya cukup kelihatan pada badan inangnya. Jika dilihat dengan kaca pembesar, spora jamur ini ternyata tumbuh berkelompok, sehingga berupa bola-bola spora.

Daur hidup
Jamur Beauveria bassiana tumbuh pada serangga, kemudian membuat spora (semacam benih). Spora lepas dari jamur dan dibawa angin atau air ke tempat lain. Jika spora kena serangga, bisa masuk ke celah antar bagian tubuh, kemudian tumbuh menjadi jamur lagi.

1 Response to "Jamur Beauveria bassiana (Bb)"

  1. Terima kasih telah berbagi artikel ini !!
    Saya benar-benar frustrasi oleh serangga ini. Thay merusak tanaman kebun saya dan saya tidak melakukan apa pun untuk itu. Tetapi setelah membaca artikel ini saya tahu bagaimana cara menyingkirkan kutu putih dan thrip ini

    https://sketchfab.com/thrips

    ReplyDelete