Musuh Alami Pada Hama Tanaman

Musuh alami terdiri dari pemangsa, parasitoid dan pathogen.


Pemangsa adalah binatang (serangga, laba-laba dan binatang lain) yang memakan binatang lain yang menyebabkan kematian sekaligus. Kadang-kadang disebut “predator”. Predator beguna karena memakan hama tanaman. Semua laba-laba merupakan contoh pemangsa.


Parasitoid adalah serangga yang hidup di dalam atau pada tubuh serangga lain, dan membunuhnya secara pelan-pelan dari dalam. Parasitoid berguna karena membunuh hama, sedangkan parasit tidak membunuh inangnya, hanya melemahkan. Ada beberapa jenis tawon (tabuhan) kecil sebagai parasitoid hama dikebun kakao.


Musuh alami sebaiknya dilestarikan karena mereka merupakan teman petani. Semua jenis musuh alami membantu petani mengendalikan hama. Karena itu, musuh alami jangan dibunuh atau dimusnahkan.
Langkah pertama dalam hal melestarikan musuh alami adalah: jangan menggunakan pestisida! Langkah kedua: menjaga berbagai jenis tanaman di kebun atau sekitar kebun. Jika terdapat bermacam-macam tanaman dikebun, biasanya jumlah musuh alami yang berada dikebun juga lebih banyak.

0 Response to "Musuh Alami Pada Hama Tanaman"

Post a Comment