Penyakit Karat daun kopi

Hemileia vastatrix, Famili Urediaceae, Ordo Uredinales

COFFEE LEAF RUST

Penyakit karat daun kopi disebabkan oleh H. vastatrix yang dapat menyerang dipembibitan sampai tanaman dewasa. Gejala tanaman terserang, daun yang sakit timbul bercak kuning kemudian berubah menjadi coklat (lihat gambar).

Permukaan bercak pada sisi bawah daun terdapat uredospora seperti tepung berwarna oranye atau jingga. Pada serangan berat pohon tampak kekuningan, daunnya gugur akhirnya pohon menjadi gundul. Penyebaran penyakit melalui uredospora yang dapat dibentuk sepanjang tahun. Perkembangan penyakit dipengaruhi oleh kelembaban. Spora yang telah matang dapat disebarkan oleh angin dan untuk perkecambahannya diperlukan tetesan air yang mengandung udara.

Pengendalian penyakit dengan memperkuat kebugaran tanaman melalui pemupukan berimbang, pemangkasan dan pengaturan naungan untuk mengurangi kelembaban kebun dan memberikan sinar matahari yang cukup pada tanaman. Penanaman varietas kopi yang tahan atau toleran merupakan cara yang perlu diperhatikan, seperti: S 795, S 1934, USDA 62, Kartika 1 dan 2.

0 Response to "Penyakit Karat daun kopi"

Post a Comment