Tawon kertas dan tawon sarang lumpur

Famili Vespidae dan Sphecidae, Ordo Hymenoptera

PAPER WASPS, YELLOW JACKETS, HORNETS, MASON WASPS, POTTER WASPS

Tawon-tawon ini sudah dikenal umum. Panjangnya sekitar 1 cm sampai 4 cm. Tawon ini membuat sarang dari kertas atau tanah untuk memelihara anaknya. Sengatannya menyakitkan. Tawon ini efektif untuk memburu banyak jenis ulat. Ia mampu menangkap ulat besar. Macam -macam serangga lain juga dimakan oleh tawon ini. Selain serangga, dia juga makan sari madu dari bunga.

Daur hidup
Beberapa jenis tawon hidup sendirian. Menggali lubang di tanah, mencari ulat, ditusuk dan dilumpuhkan, kemudian dibawa ke lubang. Selanjutnya ia meletakkan sebutir telur di dalam lubang dan menutupnya. Telur menetas dan menjadi larva yang memakan ulat tadi. Kemudian larva menjadi kepompong. Kalau sudah dewasa, ia menggali jalan keluar dari tanah dan mencari dewasa lain untuk kawin.

Jenis tawon lain hidup dalam masyarakat. Mereka membentuk sarang dari serbuk kayu yang dikunyahnya, atau di dalam tanah. Ratu tawon meletakkan sebutir telur dalam setiap lubang di sarang. Telur menetas dan tawon pekerja membawa potongan serangga untuk makanan larva. Larva menjadi kepompong dan muncul sebagai tawon pekerja yang baru dan meneruskan hidupnya di sarang. Tawon pekerja tidak kawin. Hanya ratu yang kawin dan meletakkan telur.

0 Response to "Tawon kertas dan tawon sarang lumpur"

Post a Comment